Minggu, 28 Februari 2016

planet merkurius

PLANET MERKURIUS


Merkurius merupakan anggota tata surya berupa planet. planet merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari sekaligus merupakan planet terkecil di tata surya. keberadaan planet ini sudah di ketahui banyak orang sejak sebelum masehi.
  
 Karakteristik planet merkurius yaitu :
     Diameter                 : 4.900 Km
     jarak dari matahari : 0,4 SA
     kala rotasi               : 59 hari
     kala revolusi            : 88 hari
     suhu permukaan       : 430 0C di siang hari  (bagian yang menghadap matahari)
                                      dan -170 0C di malam hari (bagian yang membelakangi
                                       matahari)
      jenis                        : termasuk planet dalam
      jumlah satelit           : tidak mempunyai satelit

planet merkurius termasuk planet dalam yang tidak mempunyai satelit, merupakan planet batu yang berinti besar. atmosfer merkurius sangat tipis tersusun sebagian besar atas oksigen namun tidak terdapat air di planet ini karena jaraknya yang sangat dekat dengan matahari. selain tipis, atmosfer merkurius nyaris hilang saat siang hari yang di sebabkan suhu yang sangat tinggi.
   Karena jaraknya yang sangat dekat dengan matahari, maka tarikan gravitasi dari matahari juga sangat besar dan orbitnya untuk mengelilingi matahari juga pendek, akibatnya kala rotasi planet ini merupakan yang tercepat daripada planet yang lain.

Add caption
Permukaan planet merkurius sangat persis dengan permukaan bulan yang berlubang-lubavg dan penuh kawah yang diakibatkan oleh hantaman meteor bahkan ada juga akibat hantaman asteroid. di perkirakan tidak ada kehidupan di planet ini karena tidak terdapat air serta perubahan suhu yang sangat ekstrim antara siang dan malam. Dilihat dari planet merkurius ukuran matari jauh lebih besar dan terang serta suhu lebih tinggi daripada jika dilihat dari bumi..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar