Jumat, 13 Oktober 2017

Ekuinoks

KEKHAWATIRAN PERISTIWA EQUINOX

Tahukah Andah, Apa sih yang disebut dengan equinox.?, Bagaimana bisa terjadi dan adakah pengaruh yang ditimbulkannya.?
Mari kita lihat bersama gambar berikut :







Ini adalah posisi bumi ketika terjadi solstis atau titik balik, yaitu ketika sinar matahari tidak mengarah langsung ke ekuator melainkan condong ke arah utara atau selatan ekuator sebesar 23,5 °. Sehingga dari bumi matahari akan terlihat condong ke utara atau selatan.







Sedangkan ini adalah posisi ketika peristiwa ekuinoks, yaitu sinar matahari mengarah langsung ke katulistiwa yaitu 0°. Sehingga jika dilihat dari bumi matahari seolah olah berada tepat diatas kepala bagi orang yang tinggal di skitar garus khatulistiwa, dan itulah hal yang kita alami sekarang.

Dari gambar tersebut bisa kita simpulkan bahwa Equinox merupakan peristiwa ketika matahari berada di posisi 0° dan hanya terjadi pada tanggal 21 maret dan 23 september. Hal ini disebabkan karena posisi ekliptika bumi pada waktu tersebut menghadap matahari sama luasnya.

Meskipun demikian, peristiwa ini tidak akan menyebabkan perubahan yang signifikan pada suhu di bumi hanya saja memang akan sedikit terjadi kenaikan suhu apabila tidak terjadi hujan. Jadi, kita seharusnya menyikapi hal ini dengan bijak yaitu tetap jaga kesehatan, cukup air, dan usahakan tidak keluar rumah di siang hari jika tidak ada perlu.

 Selamat belajar dan beraktivitas.............,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar