Sabtu, 12 Maret 2016

planet bumi

PLANET BUMI

Tahukah kalian, dimana kita tinggal sekarang.?
Planet bumi. ya, itulah jawabannya.
  Planet bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang dihuni olah mahluk hidup Karena terletak di zona habitasi (letak dimana sebuah planet memungkinkan terdapat unsur-unsur kehidupan), oleh karena itulah planet bumi disebut planet kehidupan.
  Planet bumi merupakan planet yang terletak di urutan ke-3 dalam susunan sistem tata surya merupakan planet terestial yang tersususun dari batuan. bumi berbentuk bulat sama dengan planet-planet lainnya. jika dilihat dari angkasa, bumi nampak berwarna biru karena disebabkan oleh permukaan bumi yang di dominasi oleh air yaitu 70% lautan (air) dan 30% berupa daratan. Dan bumi terbentuk sama dengan planet-planet lainnya.

 Berikut adalah karakteristik planet bumi :
  •  jarak terdekat dari matahari (pherileon) : 147.000.000 Km
  •  jarak terjauh dari matahari (apholeon)   : 152.000.000 Km
  • diameter kutub                                        : 12.714 Km
  • diameter katulistiwa                                : 12.775 Km
  • jenis planet                                              : Planet dalam
  • suhu                                                        : rata-rata 15 0C
  • Atmosfer                                                 : Nitrogen (78%), Oksigen (21)%, dll.
  • Satelit                                                      : Bulan
  • Kala rotasi                                               : 24 jam, 1 hari
  • Kala revolusi                                            : 365,4 hari, 1 tahun 

Bumi mempnyai selubung udara tang disebut atmosfer, atmosfer bumi terdiri dari beberapa lapisan, yaitu : Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer dan Ekssosfer. lapisan inilah yang melindungi bumi dari bahaya sinar matahari dan benda-benda angkasa lainnya sehingga kehidupan di bumi akan selalu melindungi. oleh karena itu jagalah bumi dan jangan sampai merusaknya!


Meskipun bentuk planet bumi adalah bulat, namun tidak benar-benar bulat namun pepat di kedua kutubnya dan menggembung di katulistiwa. hal itu disebabkan oleh rotasi bumi yang sangat cepat. Permukaan bumi juga bener-benar tidak rata, terdiri dari daratan, lautan, pegunungan, cekungan hingga palung yang sangat dalam.

Tuhan memberikan karunianya kepada kita melalui diciptakannya planet bumi untuk kehidupan umat manusia dan mahluk hidup lainnya, oleh karena itulah kita wajib mensyukurinya dan tetap menjaganya dengan baik.
  #Save our earth.

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar