Jumat, 20 Mei 2016

Barisan ASTEROID

ASTEROID

 ( planetoid )

Apakah asteroid merupakan pecahan dari sebuah planet.?

Bisa jadi, pertanyaan inilah yang sedang di teliti oleh para astronom sekarang ini.

Asteroid atau yang disebut juga planetoid adalah salah satu benda ruang angkasa pada sistem tata surya yang tersusun dari beberapa unsur kimia berbentuk padat memiliki berbagai macam ukuran dan mengelilingi matahari dalam orbit elips yang terletak antara orbit planet mars dan yupiter yang disebut dengan sabuk asteroid.

Aateroid tersusun atas beberapa unsur kimia diantaranya,

92 % silika

5,7 % besi dan nikel

Jumlah asteroid yang tersebar di tata surya berjumlah ribuan yang sebagian besar terletak di sabuk asteroid ( asteroids belt ). Asteroid juga memiliki berbagai macam ukuran yaitu rata-rata sebesar bulan, namun juga ada yang lebih kecil dan ada pula yang lebih besar.

 

Saat ini, para ilmuwan terus meneliti tentang bagaimanaribuan asteroid tersebut terbentuk di tata surya. Nmun, banyak anggapan bahwa kemungkinan asteroid ini terbentuk dari pecahan planet yang pernah terbentuk di tata surya yang letaknya berada diantar planet mars dan yupiter.

Jika sebuah asteroid menghantam bumi, maka akan langsung terjadi bencana yang dahsyat seperti yang diperkirakan para ilmuwan sekitar 65 juta tahun yang lalu ada sebuah asteroid yang menghantam bumi sehingga menewaskan dan membuat dinosaurus punah.

 

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar