Sabtu, 28 Mei 2016

teman bumi, BULAN

BULAN

( Satelit Bumi )

Mengapa bulan terlihat sangat terang di langit.?

Bagaimana bulan bisa berubah bentuk.?

Apakah bulan itu.?

 Mari kita simak penjelasan berikut ini.

 

Bulan, merupakan satu-satunya satelit yang dimiliki oleh bumi. dan satelit adalah benda ruang angkasa yang berada di sekeliling suatu planet dan mengitari planet tersebut atau yang biasa disebut pengiring planet. Bulan telah ada dan telah mengelilingi bumi sejak jutaan tahun yang lalu, cehibgga kita dapat melihat dan merasakan terangnya bulan di malam hari.

Bulan terlihat sangat terang di langit karena bulan memantulkan cahaya matahari yang diterimanya, bulan bisa memantulkan cahaya matahari karena pasir di bulan dapat memantulkan  cahaya. jadi, cahaya yang kita lihat dibulan merupakan pantulan bahaya matahari.

 

 walaupun bulan terlihat sangat indah dan sangat cantik dari bumi, namun faktanya justru kebalikannya ketika dilihat dari bulan langsung dan melalui informasi yang didapat dari bulan. 

  • Permukaan bulan sangat tidak rata, sangat gersang dan dipenuhi pasir yang bergunung-gunung, terdapat banyak kawah yang disebabkan oleh hantaman meteoroid dan kawah itu bisa terus bertambah dengan semakin banyak meteoroid yang menghantamnya. 

  • Bulan tidak mempunyai atmosfer, maka dari itulah manusia tidak akan bisa hidup disana.

  • Di bulan juga tidak terdapat air yang menyebabkan permukaannya sangat kering

  • Gravitasi di bulan juga sangat lemah, sehingga jika kita mengangkat benda di bulan maka akan lebih ringan daripada di bumi.

  • Suhu di bulan sangat tajam, pada siang hari sangat panas mencapai <100 0C dan pada malam hari sangat dingin mebcapai <-100 0C.

      Bulan mungkin terbentuk saat objek seukuran bumi bertumbukan dengan bumi saat usia bumi masih muda, pecahan batuan dari peristiwa itu muncul ke angkasa kemidian berputar dan menyatu membentuk bulan.

    Bulan terbentuk dari batuan. kala rotasi dan kala revolusinya sama yaitu 29 hari.

     


     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar