Sabtu, 30 April 2016

keluarga METEOR

METEOROID, METEOR, DAN METEORIT

( OBJEK RUANG ANGKASA )

Benda apakah mereka.?, mereka objek yang sama ataukah berbeda.?

Mereka adalah sama-sama objek ruang angkasa, mereka adalah satu objek angkasa namun dinamai berbeda. Mengapa demikian.?. Ikutilah penjelasannya berikut

.

Di luar angkasa sana tidak hanya terdapat planet, bintang, bulan, dan matahari. namun terdapat berjuta-juta objek lainnya. Salah satunya adalah kumpulan benda di luar angkasa yang merupakan pecahan dari sisa-sisa hantaman dari benda-benda angkasa lainnya yang beterbangan di angkasa, memiliki berbagai ukuran dan mengelilingi matahari namun tidak mempunyai orbit yang tetap. Dan benda itu tak lain adalah METEOROID.

 

Jutaan meteoroid yang berterbangan di luar angkasa sewaktu-waktu dapat menabrak benda lain yang ada diluar angkasa termasuk bumi. Jika meteoroid memasuki atmosfer bumi, maka akan terjadi gesekan yang sangat besar antara atmosfer dengan meteoroid sehingga akan menimbulkan kilatan cahaya yang sangat terang bila terlihat pada malam hari yang biasa kita sebut dengan bintang jatuh. Namun, itu bukanlah merupakan bintang yang sedang jatuh ke bumi, tapa benda terdebut tak lain adalah METEOR.

 

Ratusan bahkan ribuan meteor yang masuk ke atmosfer merupakan meteor dengan berbagai ukuran. Meteor yang berukuran kecil atau sedang biasanya habis terbakar ketika memasuki atmosfer dan lenyap begitu saja, sedangkan meteor yang berukuran lebih besar biasanya tidak habis terbakar ketika memasuki atmosfer sehingga dapat mencapai atmosfer bumi. Dan itulah yang dinamakan METEORIT.

 

 

 Jenis meteorit yang pernah ditemukan ada 2 macam yaitu meteorit besi dan meteorit stony ( Batu ). Dan sesungguhnya METEOROID, METEOR dan METEORIT merupakan satu benda yang sama. Meteorit yang sangat besardapat membentuk kawah di ermukaan bumi. contohnya adalah kawah meteorit great barringer di Arizona, Amerika.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar