Minggu, 17 April 2016

planet neptunus

PLANET NEPTUNUS

 

Adakah planet yang nakal.?

Tentu saja tidak ada, itu hanyalah sebutan bagi planet neptunus yaitu " Si planet penbuat ulah". Dikatakan demikian karena planet neptunus memiliki salah satu ciri yang berbeda dari planet yang lain. Karena jaraknya yang sangat jauh dari matahari, maka gravitasi yang menarik planet neptunus juga lumayan lemah. Akibatnya planet ini sering keluar dari orbitnya ketika sedang berevolusi.

Planet Neptunus merupakan planet urutan ke-8 dalam sistem tata surya, di temukan oleh J.G. Galle. planet ini berwarna biru agak tua dan merupakan planet terjauh di tata surya. Merupakan planet luar dan memiliki ukuran hampir mirip dengan planet uranus, selain dari ukurannya planet neptunus juga hampir mirip dengan planet urnus yaitu dalam hal bentuk dan gas-gas penyusunnya.

Karakteristik planet Neptunus :

  • Jarak dari matahari                : 4.497 juta Km

  • Diameter                                : 48.600 Km

  • Penyusun                                : Hidrogen, helium, metana dan amonia.

  • Jenis planet                            : Planet luar ( planet gas )

  • Kala Rotasi                             : 16 jam

  • Kala Revolusi                          : 165 tahun

  • Satelit                                     : Satelit yang diketahui yaitu triton, proteus, nereid.

Planet neptunus juga memiliki satelit yang samar seperti halnya planet uranus, planet ini memiliki 4 lapis cincin. Sama dengan planet-planet sebelumnya, planet neptunus juga memiliki bintik di permukaannya yaitu berupa badai, namun tidak diketahui pasti seberapa besar badai itu terjadi.

 

Setelah planet neptunus, tidak ada lagi planet di tata surya yang diketahui, namun masih ada objek lain yang diketahui yaitu sejumlah planet kerdil dan sabuk kuiper yang terletak di tepi tatasurya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar