Minggu, 10 April 2016

planet uranus

PLANET URANUS


Adakah Planet yang seperti kelereng.?

Ada, itulah planet uranus. Dikatakan seperti  kelereng karena arah sumbu rotasinya yang berbeda daripada planet-planet yang lain. jika planet lainnya umumnya arah rotasinya adalah vertikal, namun planet uranus sumbu rotasinya nyaris horintal, sehingga gerak revolusi planet ini seolah-olah sedang menggelinding seperti kelereng.

Planet Uranus merupakan planet urutan ke-7 dari matahari dalam sistem tata surya yang ditemukan oleh seorang astronom bernama Sir William Herschel. Planet ini memiliki keunikan yaitu arah rotasinya berbeda dari planet lainnya. panet ini ternyata juga memiliki cincin tetapi samar-samar.

  • Jarak dari Matahari                      : 2.871 juta Km

  • Diameter                                      : 50.800 Km

  • Kala Rotasi                                   : 17 jam

  • Kala Revolusi                                : 84 tahun

  • Jenis planet                                  : Termasuk planet luar

  • Bahan Penyusun                            : Hidrogen, Helium dan Metana

  • Suhu                                             : Rata-rata -180oC

  • Satelit                                           : 5 sateit

 

  Planet Uranus tersusun atas hidrogen, helium, metana dll. Itu artinya planet ini merupakan planet gas, sehingga planet ini tidak dapat ditempati. Di permukaan planet uranus juga memiliki bintik-bintik di permukaannya sama seperti 2 planet sebelumnya. Oleh karena itulah planet ini tidak dapat dihuni.

Seperti yang telah di jelaskan di atas, planet ini berotasi dengan sumbu yang nyaris horizontal sehingga sewaktu-waktu kedua kutub planet uranus berhadapan langsung dengan matahari. Seperti gambar di atas, planet ini berevolusi seolah-olah menggelinding.

Planet uranus memiliki 4 satelit diantaranya miranda, ariel, umbriel, titania , dan oberon. gambar tersebut mrupakan satelit uranus yang bernama miranda . satelit tersebut terlihat buruk rupa , hal itu kemungkinan disebabkan oleh dulu satelit ini tekena tumbukan dari benda angkasa lain sampai terbelah dan pecah, namun akibat gravitasi, maka satelit ini menyatu kembali dengan keadaan permkaan yang benar-benar tidak rata.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar