Sabtu, 02 April 2016

planet saturnus

PLANET SATURNUS

Adakah planet yang indah.?, dan seindah apakah planet itu.?

Ya, ada. Planet saturnus adalah planet yang paling indah dalam sistem tata surya. saturnus merupakan planet yang indah karena memiliki cincin yang sangat indah dan mencolok serta berwarna kuning keemasan.

Planet saturnus nerupakan planet urutan ke-6 dalam sistem tata surya, ciri yang paling jelas dari planet ini adalah cincin yang dimilikinya. Planet ini termasuk dalam planet luar yang tersusun atas gas dan memiliki ukuran yang besar hampir mirip dengan planet yupiter.

Karakteristik planet saturnus :

  • Diameter                  : 120.000 Km

  • Jarak dari matahari  : 1.427 juta Km

  • Atmosfer                  : Tersusun atas gas hidrogen dan helium

  • Kala Rotasi               : 10 jam 14 menit

  • Kala Revolusi            : 29,5 Tahun

  • Satelit                       : Ada sekitar 200 Sattelit yang teramati

     
    Permukaan planet saturnus tidaklah padat seperti halnya di bumi, namun karena planet ini tersusun dari gas, maka permukaannya pun seperti gas sehingga jika kita menginjakkan kaki di sana maka kita akan langsung tenggelam ke inti planet yang diperkirakan berinti padat. Karena tidak ada unsur yang mendukung kehidupan, maka planet ini tidak bisa dihuni oleh manusia.

    Planet saturnus merupakan planet yang memiliki satelit terbanyak dalam sistem tata surya yaitu ada sekitar 200 satelit yang teramati diantaranya : Titan, hyperon, lapetus, phoebe, rhea, dione, helene, tethys, telesto, calypso, enceladus, mimas, epimetheus, pandora, janus, prometheus, atlas dam pan. diantara banyak satelit tersebut yang palin besar adalah Titan.

     Titan merupakan sateli planet saturnus yamg paling besar, satelit ini memiliki atmosfer yang menyelubunginya. jika silihat sari titan, planet saturnus akan terlihat indah.


    Titan pernah dikunjungi oleh manusia melalui wahana penjelajah ruang angkasa yang bernama hygens



    Cincin saturnus terdiri dari beberapa lapisan yang sabgat tebal. Ada lapisan anyaman, efek satelit, jeruji roda, dan warna-warni.

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar